Anda Pengunjung ke-

Alih Bahasa (Klik Bendera Untuk Mengalihbahasakan Blog ini)

ArabicJapaneseChinese SimplifiedRussianEnglishFrenchGermanSpainItalianDutch


ShoutMix chat widget

Contoh Teks MC/Ceramah/Pidato 0

Sodikin Nabahan Masykur | Kamis, Februari 07, 2013 |

Untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan dari beberapa teman, anak didik, dan lain-lain yang menghendaki adanya contoh-contoh teks MC dan ceramah sebagai bahan latihan dan pembelajaran, dari itu saya persembahkan beberapa versi teks sederhana pembuka dalam MC, ceramah, dan lain-lain. (Berikut, di bawah ini contoh teksnya) 
Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

1.      Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa sayyidil mursaliin, wa ‘alaa aalihii wa shohbihii ajma’iin, ammaa ba’du..

2.      Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wa bihii nasta’iin ‘alaa umuurid dun-yaa wad diin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asrofil ambiyaai wal mursaliin, wa ‘alaa aalihii wa shohbihii ajma’iin, ammaa ba’du..

3.      Alhamdulillaahil ladzii hadaanaa li haadzaa, wa maa kunnaa linahtadiya laulaa an hadaanallaah, wassholaatu wassalaamu ‘alaa Rosuulillaah, wa ‘alaa aalihii wa shohbihii wa man waalah, laa haula walaa quwwata illaa billaah, ammaa ba’du..

4.      Alhamdulillaah, alladzii nahmaduhuu wa nasta’iinuhuu wa nastaghfiruh, wa na’uudzubillaahi min suruuri angfunaa wa sayyiaati a’maalinaa, may yahdihillaahu falaa mudhilla lah, wamay yudhlil falaa haadiya lah, asyhadu allaa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan abduhuu wa rosuuluhuu laa nabiyya ba’dah. Allaahumma sholli wasallim alaa sayyidinaa Muhammadin, wa ‘alaa aalihii wa shohbihii wa man waalah, laa haula walaa quwwata illaa billaah, ammaa ba’du..

5.      Alhamdulillaah, was sholaatu was salaamu ‘alaa rosuulillaah, ammaa ba’du..

Ayyuhal hadiruun rohimakumullaah (Hadirin yang dimuliakan Allah)

Alhamdulillah, marilah kita panjatkan puji serta syukur kita kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik serta hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan pagi (……………) yang cerah ini kita bisa bermuwajjahah (bertemu muka) di tempat yang mulia ini. Semoga langkah-langkah kita menuju tempat ini dinilai sebagai ibadah di sisi Allah SWT. Amin ya Robbal ‘Alamin..

Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, para sahabat dan kita semua yang senantiasa menjunjung sunnah-sunnahnya hingga hari kiamat.

Hadirin yang dirahmati Allah

Untuk lebih mengefektifkan waktu (atau supaya tidak memperpanjang kalam), mari kita buka acara kita pada pagi hari ini dengan membaca basmalah bersama-sama. Bismillaahir rohmaanir rohiim..

Untuk selanjutnya…………………………………. (disesuaikan).
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

(untuk penutup) demikian yang bisa saya sampaikan, semoga ada manfaatnya. Akhirul kalam, wabillahit taufiq wal hidaayah.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Responses So Far: